Dorong Investasi Berkelanjutan Sektor Pertanian, Kementan Gelontor 49,6 M untuk Papua Barat

  • 28 Februari 2020 02:20 WITA
Males Baca?

MCWNews.com - SORONG | Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian menyalurkan
bantuan program Prasarana dan Sarana pertanian kepada Pemda Provinsi Papua Barat. Bantuan senilai Rp 49,6 miliar secara simbolis diserahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ke Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. 

"Pertemuan ini sangat penting. Bagaimana pelaku usaha, mitra kerja, dan pemerintah bisa duduk bersama dan berdialog, mencari solusi, tentu dengan inovasi-inovasi sehingga ekonomi bisa tumbuh," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Sorong, Papua Barat, Jumat (28/02/2020).

Syahrul menambahkan, dalam catatan Kementan, untuk komoditas kakao, ada lahan  seluas 12 ribu hektar yang memiliki potensi sedangkan untuk kopi 165 hektar.

"Masih banyak potesi komoditas pertanian yang dapat didorong untuk berkembang melalui investasi yang berkelanjutan," imbuhnya.

Lahan yang tersedia untuk komoditas perkebunan menurut Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan ada sekitar 5,4 juta hektar.

"Yang cocok untuk dikembangkan adalah kakao, kopi, jambu mete, kelapa sawit, kapas, karet, tebu, kelapa dan pinang. Tapi, masih 2,3 persen saja lahan yang dimanfatkan, yah, sekitar 127 ribu hektar," katanya.

Bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan Kakao di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) dan Pala di Fakfak dan Kaimana. Diantaranya, Mansel dengan kategori kakao premium dapat Rp 2,5 M untuk program penyediaan 100 ribu batang benih perluasan tanaman kakao dan Kabupaten Kaimana mendapatkan Rp 1,89 M untuk penyediaan 75.600 benih tanaman pala. (Charles)



TAGS :

Komentar