Ribuan Kendaraan Disiapkan Bagi Tamu dan Peserta PON Papua

  • 09 Maret 2020 10:07 WITA
Ilustrasi
Males Baca?

MCWNews.com - JAYAPURA | Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2020 mendatang. Hingga kini sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Papua sebagai tuan rumah pesta olahraga empat tahunan ini.

Kepala Dinas Perhubungan Papua, Reky Ambrauw mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Papua akan menyiapkan 1.427 kendaraan jenis mobil maupun bus, untuk kebutuhan PON Papua yang akan dilaksanakan 20 Oktober – 2 November 2020.

Reky menyebut, Ribuan kendaraan itu terdiri dari 800 unit kendaraan lokal untuk tamu, serta 627 unit bus yang diperuntukan bagi atlet dan maupun official.

Sebanyak 627 bus akan dikirim oleh pemerintah pusat ke lokasi diselenggarakan PON Papua yakni di Kabupaten Jayapura, Merauke, Timika dan Kota Jayapura.

“627 bus dikhususkan mengangkut atlet dan official. Artinya atlet dan official tidak boleh dipindah ke angkutan lain, sebab akan mengacaukan aturan yang ada,” kata Reky seperti dilansir liputan6.com belum lama ini.

Sementara 800 jenis transportasi lokal yang disiapkan PB. PON Papua, bervariasi diantaranya Toyota Camry, Toyota Fortuner, Toyota Alphard serta Mitsubishi Pajero Sport. Berbagai mobil mewah ini masih dikumpulkan untuk menjadi angkutan bagi tamu yang datang pada perhelatan PON Papua.
Untuk 627 bus, terbagi dengan berbagai ukuran yakni tipe medium dengan 24 tempat duduk, lalu tipe mikro berkapasitas 19 tempat duduk.

Sedangkan pembagian 627 bus, akan terbagi untuk 400 unit bus melayani atlet dan official di Kota dan Kabupaten Jayapura, lalu 130 unit bus di Kabupaten Timika serta 60 unit bus di Merauke.

“Kami masih menyiapkan jalur alternatif yang diharapkan mampu mengurai kemacetan saat PON berlangsung," katanya.

Diketahui, PON 2020 di Papua akan digelar pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 ini. Lokasi penyelenggaraan PON 2020 ini adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Setidaknya, terdapat 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.(tim)



TAGS :

Komentar