TMMD Ke 107 Buleleng, Mantapkan Wawasan Kebangsaan Dalam Bermasyarakat

  • 16 Maret 2020 17:52 WITA
Males Baca?

MCWNews.com - BULELENG | Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodam IX/Udayana ke 107 tahun 2020, saat ini dilaksanakan di wilayah Kodim 1609/Buleleng, dengan tema "TMMD Pengabdian Untuk Negeri" digelar di Ruang Rapat Makodim 1609/Buleleng dipimpin oleh Gubernur Bali,  I Wayan Koster yang diwakili oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST., pada Senin (16/3/2020).

TMMD tahun ini dilaksanakan di Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, dibuka secara resmi dan ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan secara fisik TMMD Ke 107 tahun 2020 dari Bupati Buleleng kepada Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E.,M.I.K.

Sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Bupati Buleleng  pada acara Pembukaan TMMD tersebut, kegiatan TMMD ini merupakan gerakan bersama yang melibatkan unsur TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat secara umum, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, melalui pembangunan infrastruktur di pedesaan untuk merawat dan meningkatkan kebersamaan serta gotong royong, dalam mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

Keterlibatan TNI dan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat dalam TMMD, merupakan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap percepatan pelaksanaan program Pemerintah dan Pemerintah Daerah, serta untuk memantapkan wawasan kebangsaan dalam bermasyarakat. 
 
“Melalui program semesta berencana Provinsi Bali tahun 2018-2023, merupakan kewajiban saya sebagai Gubernur Bali bersama-sama krame Bali untuk menjaga dan merawat semangat persatuan dan kesatuan, serta saya berharap agar semua komponen saling bahu-membahu dalam melaksanakan pembangunan yang berkualitas dan berkarakter kebangsaan, menuju Bali era baru melalui pelaksanaan TMMD ke 107 ini," kata Gubernur.

Dengan kegiatan TMMD ke-107 ini, Gubernur Bali menaruh harapan besar kepada TNI dan Pemerintah Bali dalam memberdayakan masyarakat sebagai subjek pembangunan, dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan mengedepankan budaya gotong royong untuk menjaga dan merawat semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada kesempatan itu juga, Pangdam IX/Udayana  Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., memberikan sambutan yang dibacakan oleh Aster Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf Jemz A. Ratu Edo yang intinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng atas kerjasama dalam persiapan penyelenggaraan, khususnya dalam hal penggunaan anggaran yang telah dialokasikan dalam kegiatan fisik maupun nonfisik, ini semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mempersiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk ketahanan nasional. 

“Kami ingin berkolaborasi dengan seluruh komponen masyarakat didalamnya, yang terdiri dari unsur TNI dan Kepolisian, bahwa TNI tetap eksis sebagai komponen bangsa dan pemerintah, khususnya dilingkungan masyarakat," ujar Pangdam.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kab. Buleleng, Dandim 1609/ Buleleng, Wakapolres Buleleng, Kepala Kejaksaan Negeri Singaraja, Rektor Universitas Ganesha, Pejabat pemerintah Provinsi dan Kabupaten Buleleng serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy).



TAGS :

Komentar