22 Persen Kasus Covid-19 di Papua Berasal Dari Klaster Freeport

  • 13 Mei 2020 19:05 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, TIMIKA - Pasien terkonfirmasi positif teejangkit coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di kabupaten Mimika bertambah 5 sehingga berjumlah 115 kasus hingga Rabu (13/5).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule, mengatakan tambahan 5 kasus di Mimika di antaranya 3 berasal dari RS Tembagapura milik PT. Freeport Indonesia.

"Lima pasien tersebut yaitu 3 di RS Freeport (Tembagapura), 1 dari RSMM, dan 1 RSUD Mimika," kata dr. Silwanus Sumule, Rabu.

Dengan demikian, total 72 kasus atau 62,6 persen kasus di Mimika berasal dari Klaster Freeport Tembagapura dan sisahnya di wilayah Mimika Baru, Wania, dan Kuala Kencana. 

Tercatat 327 kasus di Provinsi Papua, dimana Klaster Freeport yang dipastikan telah terjadi penularan lokal virus di lingkungan perusahaan itu, berkontribusi hingga 22 persen dari jumlah kumulatif tersebut.

Dengan demikian pula, Mimika menjadi kabupaten dengan kasus tertinggi di Papua atau 35,2 persen, kemudian kota Jayapura 23,5 persen (77 kasus), dan kabupaten Jayapura 15 persen (49 kasus).

dr. Silwanus mengatakan, hingga kini Pemkab Mimika masih melakukan pemeriksaan sampel swab untuk diagnosis infeksi Covid-19 di Litbangkes dan Labkesda Provinsi Papua di Jayapura.

PT. Freeport Indonesia telah mengadakan dua unit alat untuk tes dengan metode real time polymerase chain reaction (PCR), yang masing-masing ditempatkan di RS Tembagapura dan Klinik Kuala Kencana.

Nantinya, Pemkab Mimika tidak lagi mengirim sampel swab ke Jayapura, namun bisa melakukan tes RT-PCR secara mandiri dengan pendampingan petugas dari Kementerian Kesehatan. 

"Namun sampai hari ini kami belum menerima informasi dari Mimika bahwa mereka telah melakukan pemeriksaan (secara mandiri)," kata Silwanus.

(Sev)



TAGS :

Komentar