Angka Kesembuhan Pasien Corona di Papua Semakin Menunjukkan Tren Positif

  • 25 Mei 2020 20:55 WITA
Ilustrasi
Males Baca?

MCWNEWS.COM, TIMIKA - Kenaikan jumlah pasien positif terpapar virus corona baru (Covid-19) yang dinyatakan sembuh di Provinsi Papua semakin menunjukkan tren positif. 

Hingga Senin (25/5), tercatat 178 pasien dinyatakan sembuh atau 27,9 persen dari jumlah kumulatif 637 kasus. Sementara angka kematian 11 orang atau hanya 1,7 persen.

Papua tercatat sebagai salah satu provinsi dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 tertinggi secara nasional. Kenaikan angka kesembuhan juga tercatat lebih tinggi dari tambahan kasus positif per hari. 

Pada Senin, tercatat 21 pasien dinyatakan sembuh, yaitu 13 di kabupaten Mimika, 7 di kabupaten Jayapura dan 1 di kabupaten Supiori. Sedangkan kasus positif hanya bertambah 8 orang.

Juru Bicara Satgas Pengendalian Infeksi Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan, angka kesembuhan pasien Covid-19 tertinggi (lima besar), pertama di kabupaten Mimika sebanyak 79 orang.

Kedua, kota Jayapura sebanyak 34 orang, ketiga kabupaten Jayapura sebanyak 30 orang, keempat kabupaten Merauke sebanyak 11 orang, dan kelima kabupaten Biak Numfor sebanyak 7 orang.

Atas pencapaian tersebut, Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras tim medis khususnya di Mimika, kabupaten/kota Jayapura, Merauke dan Biak Numfor.

"Termasuk juga kabupaten lain yang telah bekerja luarbiasa sehingga hari ini tercatat total 178 orang telah dinyatakan sembuh," kata Sumule dalam video conference, Senin malam.

Jika dilihat dari rasio angka kesembuhan dengan jumlah kasus, kabupaten Merauke berada pada urutan pertama, dengan 11 pasien sembuh atau 78,6 persen dari 14 kasus positif. 

Kemudian, kabupaten Jayapura dengan 30 pasien sembujmh atau 46,2 persen dari 65 kasus positif. Selanjutnya kabupaten Mimika dengan 79 pasien sembuh atau 39,3 persen dari 201 kasus positif. 

Kemudian, kabupaten Biak Numfor dengan 7 pasien sembuh atau 21,2 persen dari 33 kasus positif. Kota Jayapura dengan 34 pasien sembujh atau 12,8 persen dari 266 kasus positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan, faktor yang mendorong tingginya angka kesembuhan pasien di daerah itu yang pertama diuntungkan oleh bonus demografi.

"Dimana penduduk Mimika didominasi oleh penduduk-penduduk usia produktif. Artinya bahwa memang mereka rentan tertular tapi belum tentu berisiko," katanya. 

Kedua, dukungan kerjasama semua pihak, terutama komitmen pemerintah daerah memberikan kepercayaan diri kepada tim medis. Dengan begitu, timbul konfidensial untuk memberikan penyembuhan kepada pasien.

Ketiga, dukungan dan kepercayaan keras dari para pasien sendiri beserta keluarganya kepada tim medis. Faktor ini juga penting, untuk menentukan bagaimana pasien bisa sembuh lebih cepat.

"Apa pun dukungan dari masyarakat itu sangat berpengaruh terhadap langkah-langkah medis yang akan dilakukan," jelas Reynold.

 

Reporter: Sevianto



TAGS :

Komentar