Masyarakat dan LMA Sarmi Minta PAW Wakil Bupati Orang Asli Sarmi

  • 22 Juni 2020 13:55 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA - Ketua Koalisi Masyarakat Peduli Pembangunan Kabupaten Sarmi Eli Mansi meminta Bupati Kabupaten Sarmi Eduard Fonataba mengakomodir anak asli Sarmi untuk mendampinginya sebagai Wakil Bupati Sarmi mengantikan Wakil Bupati sebelumnya  yang berkasus.

Eli berharap Bupati mengakomodir salah satu dari tiga nama yang diusulkan yakni Dance Dansu, Aki Buefar atau Leonard J Sawerdani.

"Harusnya Bupati rekrut anak asli Sarmi. Ya meski beliau lewat jalur Independen, namun baiknya anak asli Sarmi lah yang menggantikan wakil Bupati sebelumnya yang berkasus,"kata Eli, Senin (22/6).

Menurutnya, saat ini sekitar 90 persen legislatif Sarmi diisi oleh warga non Asli Sarmi, sehingga demi pertimbangan keseimbangan pembangunan, harusnya anak asli Sarmi diakomodir menjabat Wakil Bupati menggantikan Yosina Troce Insyaf.

"Bupati usulkan dua nama, tapi bukan anak asli Sarmi, jadi DPR tolak. Alasannya ya karena tidak akomodir anak asli Sarmi. Jadi mohon dipertimbangkan usulan LMA, dan baiknya koordinasi," ucapnya.

Sementara Ketua LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Sarmi, Zakias J. Saweray dihubungi media ini menyebut ada 5 calon kandidat wakil bupati yang di usulkan pihak LMA. Lima calon tersebut perwakilan dari 5 masyarakat adat yang ada di Sarmi.

"Jadi sementara masih ada 4 calon, ada 1 calon lagi yang masih digodok. Besok putusan dari LMA," ucap Zakias.

Dirinyapun tegas menolak usulan Bupati Sarmi Eduard Fonataba yang disebutnya bukan orang asli Sarmi. 

"Yang diusulkan Bupati itu bukan orang Sarmi, jadi kelas kami tolak. Wakil Bupati harus orang Sarmi. Biar pembangunan berjalan seimbang. Kami usulkan nama-nama dan itu mewakili lima wilayah adat di Sarmi, tinggal dipilih mana yang layak," pungkasnya. Ed)



TAGS :

Komentar