Bertambah Terus, Kota Jayapura Urutan 2 Nasional Covid-19

  • 26 Juni 2020 00:30 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA – Kota Jayapur kini masuk urutan kedua Nasional setelah DKI Jakarta dengan akomulasi kasus Positif Covid -19, tembus 810 kasus per Kamis (25/6).

Temuan  kasus-kasus baru terus ada dan membuat publik tercengang dengan peningkatan yang cukup signifikan dihampir tiap harinya.

Data dari Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura mencatat, hari ini saja terdapat 37 kasus baru dan tersebar di Lima Distrik yang ada di Kota Jayapura. Yakni 3 kasus di Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, 3 Kasus di Kelurahan Trikora Jayapura Utara, 1 kasus di Kampung Kayu Batu Jayapura Utara, 4 kasus di Kelurahan Gurabesi Jayapura Utara, 7 kasus di Kelurahan Bhayangkara Jayapura Utara, 3 kasus di Argapura Jayapura Selatan, 2 kasus di kampung Tobati Jayapura Selatan, 3 kasus di Hamadi Jayapura Selatan, 2 kasus di Ardipura Jayapura Selatan, 1 kasus di Numbay Jayapura Selatan, 2 kasus di VIM Abepura, 1 kasus di Waimhorok Abepura, 1 kasus di Kota Baru Abepura, 1 kasus di Asano Abepura, 2 kasus di Hedam Heram dan 1 kasus di Waena Heram.

Dengan penambahan inipula Kota Jayapura juga menempati urutan pertama kasus positif Covid -19 Kota Jayapura disusul Kabupaten Mimika sebanyak 371 kasus dan selanjutnya Kabupaten Jayapura sebanyak 1186 kasus.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, drg. Ni Nyoman Sri Antari menyebut sebab tingginya angka penderita Covid-19 di Kota Jayapura. Yang dikatakan, akibat terus dilakukannya rapid massal sebagai upaya menemukan kasus sedini mungin.

“Kita masih terus berupaya keras menemukan kasus lebih awal dengan melakukan rapid massal. Beberapa komunitas dan lapisan masyarakat kita rapid massal, dan banyak ditemukan kasus, seperti di pasar tradisional. Ini upaya kit auntuk menemukan kasus lebih dini, selain memang kesadaran masyarakat masih kurang untuk melakasanakan protokol kesehatan,”kata Ni Nyoman.

Namun, meski angka penderita terus naik, namun dikatakan anagka kesembuhan pasien positif Covid-19 Kota Jayapura juga meningkat.

“Angka kesembuhan pasien kita cukup tinggi, total dari angka 810 kasus tersebut, 300 orang sudah sembuh. Kami tak henti-henti terus meminta warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah. Gunakan masker jika keluar rumah, jaga pola hidup bersih dengan terus mencuci tangan, dan jaga social dana pshical distanching,” ucapnya.

Data yang dihimpun dari Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, selain jumlah komulatif sebanyak 810 orang, dan 300 sembuh. Jumlah pasien yang dalam perawatan dari angka komulatif tersebut adalah 501 orang, dengan kasus meninggaldunia sebanyak 9 orang. (Ed)



TAGS :

Komentar