Peduli Terhadap Pelestarian Budaya Toraja, Dispora Torut Lounching Garda Cinta Budaya

  • 29 Juni 2020 21:10 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, RANTEPAO - Meskipun di tengah pandemi covid - 19  tugas dan tanggungjawab tetap dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora) Toraja Utara.  

Dalam waktu dekat Dispora akan menjadwalkan untuk melaksanakan Internalisasi nilai seni dan Budaya serta pelatihan berbagai kesenian kepada pemuda Toraja.

Sebelumya Dispora Toraja Utara, Sabtu (27/6) melakukan Lounching Gerakan Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya)  yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Toraja Utara Rede Roni Bare  berlangsung di Art Centre Rantepao dimeriahkan salah satu kegiatan pelatihan seni tari daerah.

Lounching Gerakan Pemuda Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya) ini akan terus digaungkan oleh pemkab Toraja Utara sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian budaya dan pengembangan budaya yang ada di daerah pariwisata andalan Sulawesi Selatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Toraja Utara Harli P saat ditemui awak media di ruang kerjanya Senin (27/6) menuturkan, Pihaknya setelah Lounching akan
melakukan Internalisasi nilai seni dan Budaya serta pelatihan berbagai kesenian  kepada pemuda daerah pariwisata yakni Toraja Utara dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid - 19.

Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan kreativitas dan karakter pemuda toraja serta menumbuh kembangkan kecintaan pemuda terhadap seni  toraja maupun meningkatkan  daya tahan kebudayaan toraja," ungkapnya.

Kata Harli, lounching ini merupakan titik  awal untuk pembinaan potensi krativitas dan karakter pemuda toraja melalui kesenian asli Toraja dalam hal seni tari.

Untui itu ia mengajak pemuda dapat mengikuti kegiatan ini baik yang bergabung di organisasi kepemudaan, Keagamaan dan siswa pelajar dr SD, SMP, SMA serta Mahasiswa maupun pemuda lainnya sehingga tujuan yang ingin dicapai untuk menuju ketahanan budaya toraja terwujud.

"Perlu ada generasi dalam pelestarian budaya untuk menanamkan rasa kepedulian dan cinta budaya," harap Harli . (Saldi)



TAGS :

Komentar