Angka Kesembuhan Covid-19 Papua Melaju

  • 30 Juni 2020 02:14 WITA
Males Baca?

MCWNEWS.COM, JAYAPURA – Jumlah angka kesembuhan pasien positif Covid-19 Provinsi Papua melesat jauh dari warga yang dalam perawatan.

Data dari tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, hingga Senin (29/6) malam pukul 19.00 WIT, sebanyak 854 pasien sembuh atau sekitar 52 persen angka komulatif 1.686 kasus.

Penambahan angka kesembuhan sebanyak 13 orang yang berasal dari Kabupaten Mimika 6 orang, Biak 5 orang dan Kota Jayapura 2 orang.

Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengakui dengan jumlah kesembuhan yang terus meningkat melampau angka pasien dala  perawatan, maka dapat disimpulkan kinerja keras semua pihak termasuk tim medis membuahkan hasil positif.

“Kita apresiasi semua pihak atas kesembuhan kita yang terus meningkat. Puji Tuhan kita sampaikan syukur. Tim medis yang telah berjuang, dan semua pihak termasuk warga masyarakat sendiri yang juga telah mengikuti anjuran pemerintah, membuahkan hasil. Kita yakin kedepan kita bisa menang melawan Covid-19 ini,” kata Silwanus, Senin malam.

Untuk diketahui, selain angka kesembuhan yang terus meningkat, hari ini terdapat satu pasien meninggal dunia. Pasien diketahui berinisial W (80) yang meninggal dunia pada 22 Juni lalu,

namun baru dilaporkan setelah hasil SWAB keluar. "Hari ini ada satu kasus kematian seorang perempuan berinisial W 80 tahun yang meninggal pada tanggal 22 Juni yang lalu, namun baru kami laporkan setelah hasil swabnya keluar dan dinyatakan positif COVID-19,” kata Silwanus.

Silwanus menjelaskan, pasien tersebut masuk rumah sakit pada tanggal 21 Juni dengan keluhan sesak nafas dan setelah dilakukan pemeriksaan dikatahui pasien mengalami radang paru-paru. Namun tanggal 22 Juni pasien dibawa pulang ke rumah atas permintaan keluarga.

"Sebelum pulang tanggal 22 Juni, petugas medis kami melakukan pengambilan swab dan hasilnya keluar tanggal 24 Juni dinyatakan positif COVID-19,” bebernya.

Lanjut Silwanus, berdasarkan hasil swab tersebut, petugas medis melakukan tracking kepada pasien yang bersangkutan, namun pasien sudah meninggal tanggal 22 Juni 2020.

Saat petugas medis kami melakukan tracking diketahui bahwa pasien sudah meninggal tanggal 22 Juni. Jadi dibawa pulang tanggal 22 Juni pagi dan malamnya pasien dilaporkan meninggal dunia,” ungkapnya.

Sementara itu, jumlah pasien positif terpapar virus corona baru atau COVID-19 di Papua bertambah 4 kasus baru sehingga jumlah akumulatif menjadi 1.686 kasus.

Dari jumlah tersebut, 814 pasien dalam perawatan, 854 dinyatakan sembuh dan 18 orang meninggal dunia.

Kemudian tambahan ODP 77 orang berasal dari Merauke 5 orang, Jayawijaya 10 orang, Kabupaten Jayapura 2 orang , Nabire 16 orang, Boven Digoel 2 orang, Yalimo 37 orang, Asmat 1 orang dan Kota Jayapura 4 orang,” tutupnya. (Ed)



TAGS :

Komentar