Buka PPDB, SMPN 1 Denpasar Terapkan Sistem Zonasi dan Protokol Covid-19

  • 30 Juni 2020 23:30 WITA
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Denpasar, I Gusti Ayu Putu Tirtawati
Males Baca?

MCWNEWS.COM, DENPASAR - Menjadi salah satu sekolah Favorit meski di masa Pandemi Covid-19, SMP Negeri 1 Denpasar Bali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bersistem Zonasi.

Zonasi diberlakukan dengan mengutamakan siswa yang berada di wilayah sekolah tersebut berada, semisal SMP Negeri 1 Denpasar, maka siswa yang berdomisili di sekitar wilayah menjadi prioritas. Meski tidak ditampik, menjadi sekolah Favorit, banyak peminatnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Denpasar, I Gusti Ayu Putu Tirtawati menuturkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini masih menyesuaikan dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. 

"Kami sangat bersyukur masih menjadi sekolah favorit  di Denpasar. Ya mungkin karena setiap orang tua siswa, menginginkan anaknya masuk di sekolah favorit. Meski jauh mereka mendaftar kesini, dan kami pertimbangkan. Kami juga merujuk pada yang dikeluarkan oleh Permendigbud," ucap I Gusti Ayu Putu Tirtawati, Selasa (30/6).

Dijelaskan, sebagai sekolah tertua dan menjadi idola orang tua dan siswa, pihaknya telah menyiapkan sarana kesehatan sesuai Protokol Covid-19. Termasuk sarana cuci tangan dan lainnya untuk dipersiapkan saat PPDB.

"Kami juga telah siap menghadapi new normal. Kita sudah menyiapakan sekema Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di tahun ajaran baru 2020/2021. Sekolah kita telah siap menyongsong kegiatan belajar mengajar dan kita terapkan sistem belajar Daring dan Luring," pungkasnya. 

Diakui I Gusti Ayu Putu Tirtawati, menjadi sekolah Favorit adalah suatu kebanggaan sekaligus beban yang harus dipikul. Konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik dan orang tua terus dilakukan sehingga predikar fovorit yang disematkan ke sekolah SMP Negeri 1 Denpasar masih bertahan.

"Kami bersyukur mainset masyarakat bahwa sekolah kami sekolah unggulan. Ini kebanggaan, namun juga beban, karena kita harus menjaga prestasi dan terus melakukan peningkatan kwalitas," ucapnya.

Dikatakan untuk Penerimaan Siswa Didik Baru (PSDB), pihaknya telah menyiapkan skema yang akan digunakan untuk Penerimaan Siswa baru. Proses Input data siswa termasuk pembagian kelompok diatur oleh tim yang dilakukan online.

"Kita kan tidak tahu para calon siswa didik ini, identitansya dan lain-lain itu kita tidak tahu, sehingga tim akan bekerja untuk input data mereka dulu termasuk pembagian kelompok," katanya.

Sementara untuk siswa kelas lanjutan, kata dia, masih akan dibahas bersama pihak widyaswara terkait juknis pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau sistem daring.

"Tanggal 6 besok, kita akan bahas melalui workshop pembelajaran jarak jauh. Jadi nanti ada tim dengan guru-guru dan melibatkan widyaswara. Teknisnya akan kita bahas pada workshop nanti," jelasnya.

Berdasar rujukan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar nomor 422/1830/Dikpora/2020 menyebut prestasi yang dicari pada SMP Negeri 1 Depansar. Meliputi bidang Akademik sebanyak 8 kriteria, non akademik meliputi Olahraga sebanyak 12 kriteria dan seni sebanyak 9 kriteria. Para siswa baru diminta mengakses website SMP Negeri 1 Denpasar untuk mengetahui informasi dan perkembangan melalui laman https://smpn1-dps.sch.id/

(*/Jk)
 



TAGS :

Komentar