Warga Protes Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Tambrauw

  • 22 Januari 2020 20:24 WITA
Males Baca?
MCWNews.com - TAMBRAUW | Ratusan warga  Sausapor yang tergabung dalam aliansi masyarakat Kabupaten Tambrauw, Papua Barat melakulan aksi demo damai.

Ratusan warga ini berjalan kaki menuju kantor bupati dengan membawa sejumlah tuntutan di antaranya menolak pemindahan ibukota Tambrauw dari Sausapor ke Fef, Selasa kemaren (21/01/2020).

Mereka menilai pemindahan ini terkesan dipaksakan karena belum siapnya sejumlah fasilitas di Fef.

Selain melakukan penolakan terhadap pemindahan ibu kota, ratusan warga ini juga menyerukan agar Mendagri segera turun ke kabupaten Tambrauw untuk meninjau langsung ke lokasi Fef,

Aksi ini berlangsung aman dan kondisif, namun sempat terjadi aksi saling mendorong antara peserta aksi dan Satpol-PP pada saat masa aksi hendak masuk ke areal kantor bupati namun aksi saling dorong itu tidak berlangsung lama.

Warga menilai pembangunan di Fef belum berjalan baik sehingga warga menolak rencana pemindahan tersebut, dan pemerintah diharapkan lebih serius dalam melakukan pembangunan.
 
Dalam aksinya, massa menuntut diantaranya meminta kajian ulang terhadap kelayakan ibukota Kabupaten Tambrauw mangacu kepada UU No, 14 tahun 2014, tentang Pembentukan Kabupaten Tambrauw serta Belum adanya Musyawarah Adat untuk menentukan titik sentral agar dapat mengakses ke seluruh wilayah. 

Selain alasan Kemanusiaan, dimana negara menjamin kelayakan dan keamanan warga negaranya sebab area tersebut rawan bencana, belum siapnya sarana dan prasarana terutatama kebutuhan air dan tempat tinggal dan kesulitan bahan makanan. (Charles)


TAGS :

Komentar