Presiden Jokowi Resmikan Proyek Sarana Pendidikan di Kalimantan Tengah

Kamis, 27 Juni 2024 14:50 WITA

Card image

Presiden Joko Widodo meresmikan proyek pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana pendidikan di Kalimantan Tengah yang berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palangka Raya pada Kamis (27/6/2024).

Males Baca?

PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo meresmikan proyek pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi sarana pendidikan di Kalimantan Tengah yang berlangsung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palangka Raya pada Kamis (27/6/2024). 

Didampingi oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya peningkatan kualitas sarana pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

"Tujuan utama dari pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi ini adalah agar fasilitas pendidikan yang ada dapat lebih bermanfaat bagi para mahasiswa dan siswa. Kita harapkan dari sini akan lahir sumber daya manusia yang unggul," ujar Presiden Jokowi.

Proyek yang dimulai sejak tahun 2020 dan selesai pada tahun 2023 ini menghabiskan total anggaran sebesar Rp 84,2 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan 1 gedung pascasarjana, serta rehabilitasi dan renovasi 6 madrasah dan 9 sekolah yang tersebar di 9 kota/kabupaten di Kalimantan Tengah.

Fasilitas-fasilitas yang terlibat dalam proyek ini meliputi Gedung Pascasarjana IAIN Kota Palangka Raya, MIN 3 Barito Timur, MIN 2 Barito Selatan, MTsN 1 Katingan, MTsN 2 Kapuas, SDN 1 Anjir Mambulau Tengah, SDN 2 Mantangai Hilir, SMPN 1 Kapuas Timur, MIN 3 Pulang Pisau, SDN Dandang 1, SDN Dandang 3, SDN Purwodadi, MIN 1 Lamandau, SDN 2 Sungai Cabang, SDN 1 Parang Batang, dan SDN Tumbang Bahan.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, menyampaikan bahwa seluruh fasilitas yang telah dibangun dan direnovasi ini kini telah dimanfaatkan sepenuhnya. "Gedung Pascasarjana IAIN sudah digunakan untuk kegiatan perkuliahan selama 4 tahun. Madrasah dan sekolah-sekolah juga sudah digunakan semuanya," katanya.

Rektor IAIN Palangka Raya, Ahmad Dakhoir, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas dukungan pembangunan gedung pascasarjana yang dianggap sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di IAIN. "Bantuan ini sangat berarti bagi kami, terutama dalam mengelola pendidikan pascasarjana yang terus berkembang. Gedung berlantai tiga ini diharapkan dapat menampung lebih banyak mahasiswa dan mendukung akses pendidikan yang lebih modern," ungkap Ahmad Dakhoir.

Dalam acara peresmian ini, turut hadir Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Tengah, Ade Syaiful Rachman, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II, Ferry Syahrizal, dan Kepala Biro Komunikasi Publik, Pantja Dharma Oetojo.

Dengan selesainya proyek ini, diharapkan fasilitas pendidikan di Kalimantan Tengah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan sumber daya manusia di daerah tersebut.

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya