Satgas Ops Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp PT Unggul

Selasa, 28 Mei 2024 08:08 WITA

Card image

Foto: Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo.

Males Baca?

TIMIKA - Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz-2024 berhasil menangkap anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Puncak, Lupa Waker alias Lupa Walo, di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu (19/5/2024).

Penangkapan Lupa Waker dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat dan kesigapan anggota Satgas Ops Damai Cartenz-2024. Lupa Waker merupakan anggota KKB aktif di wilayah Puncak dan termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) No. DPO : 2/II/Res 1.13/2024 Reskrim, terkait kasus pembakaran camp dan alat berat milik PT Unggul di Mundidok, Kabupaten Puncak pada bulan Februari 2021.

"Benar, Satgas Operasi Damai Cartenz s berhasil menangkap seorang KKB atas nama Lupa Walker di sekitar Tembagapura" jelas Kombes Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Senin (20/5/2024).

Adapun barang bukti disita saat dilakukannya penangkapan antara lain sangkur, dompet, noken, noken kepal, KTP atas nama Les Mosip, uang Rp 113.000, HP Itel A70, HP Nokia 105 tanpa simcard, dan beberapa barang bukti lainnya.

Penangkapan Lupa Waker memperkuat komitmen Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dalam menjaga keamanan di wilayah Papua, khususnya di Kabupaten Mimika. Saat ini, Lupa Waker telah berada di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Timika untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Tersangka sudah kami bawa ke Posko ODC di Timika. Rencana kami selanjutnya adalah kami akan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap 3 DPO lainnya yang terlibat dalam pembakaran camp PT Unggul pada tahun 2021 lalu" ujar AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024.

Operasi penangkapan Lupa Waker menunjukkan keberhasilan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dalam menindak tegas para pelaku kriminal yang mengganggu keamanan di wilayah Papua. Diharapkan, operasi ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat dan mendorong pembangunan di daerah tersebut.

Reporter: Edy


  • TAGS:
  • TIMIKA
  • KKB

Komentar

Berita Lainnya