Pembangunan Bendungan Way Apu Dukung Ketahanan Air dan Pangan di Maluku

Selasa, 02 Juli 2024 10:22 WITA

Card image

Progress Fisik Bendungan Way Apu di Maluku. (Foto: KemenPUPR)

Males Baca?

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggeber pembangunan bendungan dan daerah irigasi di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Hal ini dilakukan untuk mendukung terciptanya ketahanan air dan pangan nasional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pembangunan bendungan tidak hanya berfungsi untuk menampung air, tetapi juga akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya. "Dengan demikian, air yang ditampung di bendungan dapat segera dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi sawah mereka," ujar Basuki.

Plt. Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Faliansyah, menjelaskan bahwa Bendungan Way Apu yang memiliki kapasitas daya tampung sebesar 50,05 juta meter kubik (m3) ini ditargetkan selesai pada tahun 2024.

"Hingga saat ini, progres konstruksi fisiknya telah mencapai 71,34%," kata Faliansyah.

Bendungan Way Apu yang dibangun di atas lahan seluas 422,08 hektar ini diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat Maluku, di antaranya:

- Menyediakan air irigasi seluas 10.000 hektar

- Menyediakan air baku dengan debit 0,5 m3/detik

- Mampu mereduksi banjir sebesar 557 m3/detik

- Membangkitkan listrik berkapasitas 8 MW yang mampu menerangi sekitar 8.750 rumah berkapasitas 900 watt

- Menjadi objek wisata yang akan menumbuhkan perekonomian daerah

Bendungan Way Apu dibangun dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,159 triliun yang terbagi menjadi dua paket pekerjaan. Paket 1 berupa konstruksi bendungan utama senilai Rp 1,114 triliun dilaksanakan oleh PT PP - Adhi Karya KSO.

Sedangkan, pekerjaan paket 2 berupa konstruksi bendungan pelimpah (spillway) senilai Rp 1,045 triliun dilaksanakan oleh PT Hutama Karya – Jaya Konstruksi KSO.

Pembangunan Bendungan Way Apu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan air dan pangan di Indonesia. Dengan bendungan ini, diharapkan masyarakat Maluku dapat lebih sejahtera dan mandiri dalam memenuhi kebutuhan air mereka.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya