Pembangunan Pasar Jongke Surakarta Hampir Rampung

Jumat, 07 Juni 2024 22:44 WITA

Card image

Pasar Jongke yang terletak di Jalan Dr. Rajiman, Kelurahan Pajang, Surakarta, Jawa Tengah.

Males Baca?

SURAKARTA - Kabar gembira bagi para pedagang dan masyarakat Kota Surakarta! Pasar Jongke yang terletak di Jalan Dr. Rajiman, Kelurahan Pajang, Surakarta, Jawa Tengah, hampir rampung direnovasi dan siap diresmikan pada Juli 2024.

Pembangunan Pasar Jongke dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak Juli 2023 melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan kontraktor pelaksana PT Sinar Cerah Sempurna. Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 91,5% dengan target selesai Juli 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (7/6/2024), mengatakan pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk memperbaiki fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

“Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakkan sektor riil atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” kata Menteri Basuki.

Pasar Jongke yang baru ini memiliki desain modern dan fasilitas yang lengkap. Bangunan pasar berdiri di atas lahan seluas 17.414 m2 dengan desain bangunan bertingkat 3 lantai yang terdiri dari 1.601 unit kios, los, dan workshop.

Rehabilitasi Pasar Jongke juga memperhatikan keselarasan lingkungan dan nilai-nilai kearifan lokal, sehingga pedagang maupun pembeli merasa nyaman.

Pembagian setiap lantainya terdiri dari lantai 1 sebanyak 40 kios dan 7 kios gilingan serta 669 los dan 16 los arang. Selanjutnya lantai 2 terdiri dari 88 kios dan 477 los. Untuk lantai 3 digunakan sebagai kios kuliner sebanyak 32 unit serta 19 unit workshop dan 253 pelataran.

Dengan selesainya renovasi Pasar Jongke, diharapkan dapat meningkatkan sarana perdagangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat dan juga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Surakarta.

Pedagang pun akan mendapatkan manfaat dari pasar yang baru ini, seperti ruang usaha yang lebih luas dan nyaman, fasilitas yang lengkap, seperti toilet, musala, dan tempat parkir,sistem keamanan yang terjamin, hingga peluang untuk meningkatkan omzet pepenjualan.

Sebaliknya bagi masyarakat Surakarta juga akan mendapatkan manfaat dari Pasar Jongke yang baru ini, seperti mudah mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau, pasar yang bersih dan tertata rapi, tempat yang nyaman untuk berbelanja, serta potensi peningkatan ekonomi dan budaya lokal.

Pembangunan Pasar Jongke bersumber dari APBN tahun 2023-2024 sebesar Rp124,6 miliar untuk pekerjaan struktur, arsitektur, infrastruktur, dan mekanikal elektrikal. Bangunan pasar berdiri di atas lahan seluas 17,414 m2 dengan desain bangunan bertingkat 3 lantai yang terdiri dari 1.601 unit kios, los, dan workshop.

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya