Perumda Tirta Sewakadarma Gelar Upacara Mulang Pakelem di Pantai Mertasari

Jumat, 28 Juni 2024 18:18 WITA

Card image

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana bersama Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Arsana tampak melakukan prosesi mulang pakelem hewan kambing, angsa, hingga upakara perlengkapan pakelem di tengah laut Mertasari, Jumat (28/6/2024).

Males Baca?

DENPASAR - Dalam rangka memperingati HUT ke-27, Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar menggelar Upacara Mulang Pakelem di Pantai Mertasari, Sanur pada Jumat (28/6/2024). Upacara ini merupakan wujud rasa syukur dan penghormatan terhadap alam semesta, khususnya air sebagai sumber kehidupan.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, yang turut hadir dalam upacara ini menyampaikan bahwa Upacara Mulang Pakelem telah menjadi agenda rutin Perumda Tirta Sewakadarma sebagai bentuk rasa syukur dan pemuliaan terhadap air. "Pelaksanaan upacara pakelem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Perumda kepada pelanggan dan masyarakat," ujar Alit Wiradana.

Lebih lanjut, Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana, menjelaskan bahwa upacara pakelem rutin digelar setiap tahun di berbagai lokasi, seperti sungai, danau, dan tahun ini di Pantai Mertasari Sanur.

"Upacara ini merupakan arahan Walikota dan Wakil Walikota Denpasar sebagai wujud rasa syukur Perumda atas pelayanannya kepada masyarakat," jelas Arsana.

Upacara Mulang Pakelem dipuput oleh Ida Pedanda Gede Wayahan Wanasari dari Griya Wanasari, Sanur. Dalam prosesinya, Sekda Alit Wiradana dan Dirut Arsana melarung hewan kambing, angsa, dan berbagai upakara lainnya ke tengah laut Mertasari. Upacara ini diharapkan dapat menjaga kelestarian alam dan sumber air di Kota Denpasar.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya