Wayan Koster Dukung Pengembangan Universitas Warmadewa

Rabu, 29 Mei 2024 01:55 WITA

Card image

Gubernur Bali 2018-2023, Dr Ir Wayan Koster, saat wawancara dengan wartawan, Sabtu (18/5/2024). (Foto: MCW)

Males Baca?

DENPASAR - Gubernur Bali 2018-2023, Dr Ir Wayan Koster, menyoroti peran penting Universitas Warmadewa dalam memajukan pendidikan di Bali. 

Pernyataan ini diungkapkan seusai memberikan kuliah umum mengusung tema "Gen-Z Penerus Masa Depan Bali: Membangun Peradaban Masa Depan Bali" di Universitas Warmadewa Denpasar, Sabtu (18/5/2024).

"Saya hadir untuk memberikan kuliah umum dan sangat senang melihat perkembangan Universitas Warmadewa yang semakin baik dan maju. Jumlah mahasiswa yang mencapai 12.000 adalah pencapaian besar untuk memajukan pendidikan," ujar Koster.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan. "Spirit meningkatkan kualitas mutu semakin kuat dengan jargon yang top, unggul, dan jaya. Saya harap Warmadewa ke depan semakin maju dan terus berkontribusi memberikan layanan pendidikan berkualitas di Bali," tambah tokoh asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng ini.

Wayan Koster menyoroti rendahnya tingkat partisipasi masyarakat Bali dalam pendidikan tinggi, yang masih berada di angka 30 persen. Ia mendorong Universitas Warmadewa untuk terus merekrut mahasiswa dan meningkatkan kualitas serta daya saing mereka agar siap diserap oleh dunia kerja atau menjadi pelaku usaha mandiri yang kompeten.

Rektor Universitas Warmadewa, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Wayan Koster. "Hari ini, kami mendapat kunjungan dari Dr. Ir. Wayan Koster yang memberikan wawasan berharga tentang Bali di masa depan. Harapannya, generasi Gen Z dapat memahami perubahan yang terjadi di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata, serta mampu bersinergi dalam menghadapi era global dan digitalisasi," ujar Prof. Suranaya.

Kuliah umum ini juga membahas visi Bali 100 tahun ke depan, termasuk upaya menjadikan Bali sebagai smart island yang sejahtera, aman, dan berkelanjutan. Wayan Koster mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan Bali yang berkelanjutan dan menghadapi tantangan era globalisasi dengan optimisme dan inovasi.

 

Dalam kesempatan ini Wayan Koster mengungkapkan jika dirinya selalu mendukung Universitas Warmadewa, sejak semasih duduk di kursi anggota DPR RI hingga menjabat sebagai Gubernur Bali pada 2018-2023 lalu.

Wayan Koster menegaskan jika Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi memang perlu mendukung pengembangan sarana dan prasarana pendidikan perguruan tinggi, meski kewenangan berada di pusat. "Pemerintah daerah sangat boleh dan harus berkontribusi dalam pembangunan pendidikan, termasuk di Universitas Warmadewa," pungkasnya.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Bali untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Reporter: Tim MCW


Komentar

Berita Lainnya