JMSI Bali Gelar FGD Bahas Literasi Digital dan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Kamis, 13 Juni 2024 18:09 WITA

Card image

Para Narasumber kegiatan Focus Group Discussion di Puri Nusa Indah Hotel Denpasar, Kamis (13/6/2024). (Foto: JK/MCW)

Males Baca?

DENPASAR – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Literasi Digital dalam Menjaga Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Bali". Acara ini diadakan di Puri Nusa Indah Hotel Denpasar, Kamis (13/6/2024).

FGD ini bertujuan untuk merawat komitmen insan pers taat pada prinsip-prinsip jurnalistik dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Bali.

Ketua JMSI Bali, Nyoman Ady Irawan, mengatakan bahwa FGD ini penting dilakukan untuk meningkatkan literasi digital para insan pers di era konvergensi media saat ini.

"Di era konvergensi media, media tidak bisa lagi terkotak-kotak. Kita harus terus belajar dan memperbarui pengetahuan agar bisa menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan bertanggung jawab," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. Menurutnya, literasi digital sangat penting untuk memerangi informasi bohong atau hoaks yang dapat mengganggu kamtibmas.

"Peran insan pers juga sangat penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, baik itu menjelang pilkada maupun berlangsungnya pilkada serentak di Bali," kata Jansen.

Selain menampilkan pembicara Ady Irawan, FGD ini diisi dengan narasumber Pranata Humas Ahli Muda Ketua Tim Publikasi, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Bali, I Made Dwi Prayana, dan Kanit 3 Subdit 5 Ditreskrimsus Polda Bali, AKP Andi Prasetio.

Hadir dalam FGD tersebut berbagai organisasi pers di Bali, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Bali, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bali, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali, dan admin penggiat media sosial.

Reporter: JK


Komentar

Berita Lainnya